Wednesday, January 16, 2013

di negeri sana musim salju? di rumah saya, ada bola salju ;P





Sebagai blogger pemula, suka jiper bener deh liat blog2 lain (khususnya foodie blog) , yang resepnya seabrek, canggih2 dengan narasi yang bak narator kelas kakap *ada gak ya narator kelas kakap?, juga dengan foto2 makanan yg subhanallah, a piece of art! Jadi ngiler sampe ber-ember2 liatnya. Padahal kalo diliat2, resepnya bisa diikuti (dalam arti kata, bahan2 yg dipake normal2 aja) , cuman efek dramatis dari perpaduan resep, foto dan narasi bikin semua terlihat wow. *pastinya bukan cheerleader effect ala howimetyourmother ya. 

Sebenernya, saya jg pengen bisa gitu *manyun di pojokan. Apa daya, gak punya kamera dslr :(( . *numpang curcol. Sekarang ini, harus berpuas diri dulu dgn kamera si beibe momon sayang yg cuma 5mp dan kemampuan terbatas. Plg ngga bisa belajar proporsi dulu dikit2.


Eniwei, mau oot dikit, saya punya seorang sahabat karib, yg saat ini move out to faraway country, the Netherlands. So happy for her new life. Sejak dia pindah desember lalu, tiap bbm, kami (eh saya sih) sibuk ngomongin tentang salju! How i actually obsessed to see the real snow :D. Makanya saya seneeeng bgt waktu dia mau berangkat (lah sohib berangkat kok seneng, piye iki? ), karena plg tidak dia bisa mewakili saya, poto2 di salju, hiyahahahahahhaha. En beneran loh, the very first day of snowing, dia nekad keluar rumah, n foto2. Dan langsung kirim bbm tuh fotonya :)) niaaat. At a glance, yg pertama saya lihat dan saya komen adalah : "my goodness, where is your shawl? ", yupe, she doesnt wear the proper snow outfit. Cuma pake coat, boot, n long pants, thats it. Padahal hari itu, suhu sudah drop menjadi -4. Dia cuma cengengesan aja, dia blg krn niatnya cuma bnr2 sebentar, wong saljunya lagi turun, jadi cuma jalan ke depan rumah berapa langkah aja. trus jepret pake iphone n done. Ternyata, setelah foto di salju yg bahkan less than a minute, she's feeling not well :( nggreges katanya. (nekad seeeh). 


Pada hari yg sama dgn turunnya salju, terinspirasi dari percakapan2 dgn si sohib, saya bertekad bikin snowball, yg bukan dari salju. Googling dan akhirnya nemu resep ini. Tentu saja saya cari resep yg simple, ingredients minimalis dan less time consuming, a.k.a resep gampang. Setelah menjatuhkan pilihan, mulai nyiapin bahan2, saking sedikitnya, cuma perlu sktr 5-10 mnt aja :D dan hasilnya? omg........crunchy yet melting snowball with the sweet smell of almond and hints of butter. yummmmmyyyyy, teksturnya kokoh, pas digigit crunchy, dan setelah itu,lumer dimulut. Aseli enak, sampe nyesel cuma bikin dikit, tau gitu sekalian banyakkan aja wong capeknya sama ;P





Almond n choco snowball 
source : www.happyhomebaking.blogspot.com

resepnya saya translate ya :

1. 90gr unsalted butter (kalo bisa jangan diganti margarine ya, sayang bau butternya ilang nanti), didiamkan sampe adem

2. sedikit garam
3. 30gr gula halus (diayak dulu supaya tidak ada yg nggrumpul)
4. 50gr bubuk almond (dipanggang oven dulu sktr 10mnt, supaya bau almondnya lbh keluar, aduk supaya rata kena panasnya. Dibiarkan sampai dingin)
5.100gr tepung protein tinggi

step by step :

1. butter, garam dan gula halus diaduk rata (saya pake baloon whisker) sampe warnanya pucat.
2. Masukkan bubuk almond, aduk rata
3. Masukkan terigu, aduk rata
(note : adonannya mmg kliatan agak lembek dan lengket)
4. Kalau mau buat juga yg rasa coklat, adonan dibagi 2, yg satu dikasih coklat bubuk, saya pakai 1 sdt unsweetened cocoa powder.
5. Bungkus adonan dalam plastic wrap, masukkan kulkas sekitar 20-30 mnt.
6. Keluarkan, segera dibentuk bola2 karena adonan cepat lumer, langsung dipanggang dgn api sedang (oven sudah dipanasi dulu ya), panggang sekitar 30 menit. Please note kalo tiap oven suka berbeda hasilnya. Jadi di cek aja, kalau sudah menguning dan bagian dasarnya kecoklatan, means the snowball is ready to roll, heheheheh. Tunggu sampai hangat, taburi gula halus n it ready to melt your world *lebay gak kira2









No comments:

Post a Comment