Sunday, January 13, 2013

tak ada kentang ubi ungu-pun jadi

Ini judulnya kejar setoran ngabisin ubi ungu, hihihihih, sampe 3 hri adek dicekokin cemilan serba ubi ungu. Untung dia mau2 aja tuh. Kecuali si donat ini, adek cuman makan dikit. Sebenernya tadinya pengen bikin donat kentang, karena (perasaan) di kulkas masih ada kentang sisa bikin kentang panggang minggu lalu.

Langsung sibuk aduk2 kulkas, ealah gak ada rupanya! ampun deh padahal semua bahan udah siap di meja, tinggal eksekusi aja *tepok jidad*. Pikir2, prasaan pernah liat ada yg jual donat ubi ungu, kebetulan pas masih ada jg itu stock ubi ungunya. Udah deh pede aja dibuat. Resep yg saya pakai adalah resep NCC, demikian resepnya : 

Donat Kentang 
:: Penulis : Fatmah Bahalwan 


Bahan:500 gr   tepung terigu protein tinggi (saya pake all purpose+1sdm maizena)
50 gr     susu bubuk
11 gr     ragi instant
200 gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan (saya pake ubi ungu)
100 gr   gula psir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   air dingin


cara pembuatan :

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus (saya pke ubi ungu) ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.
Tentu saja saya cukup pintar untuk membuat hanya separoh resep, sebenernya karena khawatir para customer dirumah pada ngga suka aja sih, hihihihihi. Ternyata eh ternyata, papa sama mas Bayu suka, alhamdulillah. 

Yg perlu diingat, garam dan mentega memang dicampur belakangan, krn ragi tidak kuat tercampur garam, bisa mati dan nanti si donat gak bisa ginuk2 penampakannya. nah pas kemaren saya bikin ini, udah ngepas2in waktu satria bobo pagi. herannya tu anak kayak tau aja deh kalo mamanya punya rencana. Yg biasanya dia bobo sktr 30mnt-1 jam, ini kok 10 mnt udah ceria *lap kringet. Terpaksa si adonan yg baru sebentar di uleni, ditinggal begitu aja. Udah 15 mnt berlalu dan adek masih nenen juga, gawaaat. Terpaksa saya bujuk2 dia untuk stop mimiknya, dan ngikut saya ke dapur. Tentu saja semua pasti bisa nebak apa yg terjadi selanjutnya kan? Hadeuh, itu yg namanya adonan kasian bner, dipake maen ma anak kecil, wkwkwkwk. Dia ngikutin cara aku ngulenin juga, dan terjadilah kehebohan luar biasa di dapurku yg super mungil. intinya, masih syukuuuuur itu donat masih bisa dimakan dan rasanya....enaaak. Mengingat ada sepasang tangan mungil yg terus2an meraih adonan, ngikut banting2 dan mbuletin pulak, ini gambar adek Satria yg lg bantu2.




Setelah selesai dicuekkin sekitar 1 jam, nunggu giliran goreng dll, akhirnya sore baru cantik donatnya dibedakin. Daaaan matahari pun sudah malu2 sinarnya (ehm). Jadi fotonya kurang memuaskan hasilnya :(


yah mayan deh, untuk beginner nekad macam saya. Not bad kan? *wink

No comments:

Post a Comment