Sunday, January 20, 2013

Zuppa soup



Dari dulu yang namanya bikin zuppa, cita2 banget deh, hahahahah. Padahal saya gak pernah bikin krim sup, cuma pernah nyobain yg instan aja. Jadi resep dan isinya pun menebak2, dari bahan yg ada dirumah aja. Cuma demi memuaskan hasrat penasaran dan supaya jadi bisa, saya buat juga. Menurut hubby, enak, walapun agak keasinan, hihihihihi. Saya soalnya gak bisa nyobain isinya si krim sup, secara daging ayam boneless dan juga ayam asap bertebaran dimana2 (saya lacto-ovo vegetarian, gak makan ikan, daging, ayam, seafood dkk, tp masih konsumsi dairy products). Jadi yg saya icip cuma kuahnya aja, yg tentu saja kurang mewakili isinya, belakangan baru ngeh, ayam asap kan juga sudah asin. Next time kalo buat lagi, harus kurangi garamnya sepertinya, supaya gak jadi zuppa pengen kawin :D

berikut resepnya : 
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang
800ml air kaldu 
200 gr dada ayam boneless, dipotong dadu (dada boneless sudah saya masak malam sebelumnya di slow cooker, sekalian kaldunya saya ambil)
jamur champignon or kancing (saya pake yg kemasan sudah diiris, 200gr)
1 buah jagung, dipipil
2 lembar ayam asap, potong2 kotak 
1sdm margarine, untuk menumis
2sdm terigu
150 ml Krim kental
keju cheddar parut, secukupnya 
seledri, iris tipis


1. Tumis bawang putih cincang dan bombay dengan margarine sampai wangi, masukkan terigu, aduk2 rata. 
2. Masukkan air kaldu, aduk2
3. Masukkan dada, jamur dan jagung pipil, didihkan
4. Masukkan ayam asap 
5. Bumbui dengan garam, lada dan sedikit parutan pala
6. tuang krim kental, didihkan lagi 
7. beri parutan keju, sesuai selera
8. taburi irisan seledri
9. masukkan ke pinggan tahan panas, tutup dengan puff pastry, oles dengan kuning telur dan taburi dengan sedikit wijen.
10. Panggang di oven yg sudah dipanasi, sktr 20mnt sampai puff pastry kecoklatan



Overall, not bad for first time-ers, haha, silahkeun dicoba :D


No comments:

Post a Comment