Monday, June 3, 2013

(not so very) red velvet whoopies





Suatu hari saya main2 ke joy of baking, yg memang sering jadi acuan buat yg cari2 resep. Sepertinya krn disitu satuannya ada dlm bentuk cup ataupun gram. Jadi memudahkan yg lg intip2 tentunya, sebagian resep jg ada dalam bentuk video. Naaaah, kebeneran bgt waktu itu lg cari resep whoopie pies. Ada bbrp jenis rupanya. Tapi saya tertarik nyoba yg red velvet. Simply beause it looks gorjes. Dan lg saya blm pernah bikin yg berbau red velvet, padahal cake ini ngetop banget kemaren2, bahkan masih sampai sekarang. Jadi saya catet resepnya dan liat video-nya. Keliatannya mudah pembuatannya, dan kebetulan semua bahan yang diperlukan ada. Sore-nya setelah anak2 mandi, saya masuk dapur dan menyiapkan semua bahan2nya, sambil sesekali liat videonya. resep dapat dlihat disini ya, saya hanya mngurangi sedikit takaran gula dan pewarna merahnya, krn kok banyak sekali penggunaan pewarnanya.



Setelah seluruh adonan selesai di mixer, saya mulai khawatir, kok adonannya encer sekali :( padahal jumlah butter, telur n terigu dan buttermilknya sdh sesuai resep. ini jadi lbh mirip adonan muffin drpd cookie. Krn bngung, ditambah anak2 yg sdh mulai gelisah krn lapar, saya tambah terigu aja adonannya. Trus apa boleh buat, langsung lanjut ke stage berikut. Yg pasti saya menggunakan scoop eskrim juga, sama seperti contoh di video. Tapi berhubung adonan terlalu lunak, jadinya bleber2, dan tidak rata :(( #pasrah. Langsung buru2 masukin oven.Tentu saja ngga keruan bentuknya, ada yangg tebel ada yang tipis, nggak cantik gitu deh. Beda sama yg di webnya. Rasanya sih tetep enak. Akhirnya demi menyelamatkan 1 batch red velvet whoopie, saya cetak aja dengan cetakan kukis bentuk hati. Itupun gak mudah, banyak yg jadi retak2 pinggirnya #nangis bombay. Yasudahlah, yg penting rasanya. Belakangan baru kepikiran, mestinya adonan saya masukin kulkas dulu aja barang 30mnt, supaya lbh firm pas di sendokkin #telaaaaat

Untuk krim-nya, saya kurangi jg takaran gula-nya, sampe pas di selera saya aja. Versi joy of baking manisssss. Selama ini saya red velvet or rainbow cake, gak pernah buat, hehehehhe. Pikir punya pikir, kenapa gak beli buah bit dulu ya, trus pake pewarna merah dari buah bit. Akhirnya saya gak tega ngasih whoopies ini ke anak2, ngebayangin 1 sdt pewarna yg saya pake disitu, aslinya dari joy of baking malah 1 sdm! Walaupun pewarna makanan, rasanya tetep gak rela aja. Even ini bukan makanan sehari2. Mungkin krn takaran pewarna yg saya kurangi jg, whoopiesnya jadi dominan coklat ketimbang merah, hahaha. Well pr baru buat saya, besok2 bikin red velvet yg pake buah bit, biar nelennya enak gak pake mikir, hihihihihi. Tp overall, whoopies ini enak kok, dan cukup ngenyangin, makanya saya pake buat sarapan nemenin cereal, ditambah segelas susu atau jus apel :D

Jadi, apa sarapanmu hari ini, teman?


2 comments:

  1. lotong sayur semur tahu ;) jomplang yah?? saya orang endonesa soalnya *minta dikeplak*

    ReplyDelete
  2. jiaaakakakakka, dasar loooo, itu sarapan standar gue juga :P ini berhubung anak2 gak gue kasih makan jadi berlebih kaaan, kudu dimakan cepet2

    ReplyDelete