Monday, August 5, 2013

Matcha Green Tea Cookie


huwaaaah akhirnya bisa posting kue lebaran juga *lap keringet*. Dikomporin terussss sama bunda Rina nun jauh di ruwais nan rajin bikin kukis, wkwkwkwk. Akhirnya jeng Pity dan Mba Wiwi pun tertular virus kukis lebaran. Tinggal saya aja yg tertinggal masih males2an :D Setelah mengumpulkan semangat banyak2, jadi juga nih. Bikinnya udah 2 hari lalu, tp blom sempet motret dan si kukis malah udah tinggal dikit. Untungnya sudah diselamatkan sebagian untuk kepentingan pemotretan :D kalo ngga, terpaksa baking lagi, hihihihi. Terpaksa? lha iya, saya kan malasss baking kukis, pegel2 booooow. Enakkan bikin muffin or banana bread kan :P *malas tingkat tinggi*



Saya maunya kukis yg gak pasaran, krn kalo nastar dan kastengel alhamdulillah udah dpt jatah *senyum selebar2nya*, gak perlu cape pinggang pegel, udah tinggal makan :D Jadi kali ini, mari berdayakan bubuk matcha yg baunya super wangi ituuuu.

Resepnya saya dapet dari sini melalui postingnya mba Linda di fb-nya. Cucok nih, saya penggemar kukis yang crunchy outside, chewy inside *drooling*. Menurut mba Dita, ini hasilnya ya seperti itu :)



Demikian resepnya ya : 

2 3/4 cup terigu all purpose
1 sdt baking soda (saya pakai 3/4 saja)
1/2 sdt baking powder (saya kurangin lagi jadi 1/4)
1 cup butter, suhu ruang
1 1/2 cups gula (saya hanya pakai 1 1/4)
1 butir telur
1 sdt vanilla extract
2 1/2 sdt matcha green tea powder

cara pembuatan : 

1. Panasi oven suhu 190 dercel (saya pake otang tanpa termometer, jadi kira2 saja deh, hehe)

2. Di wadah, campur tepung, matcha green tea powder, baking powder dan baking soda. Sisihkan

3, Di wadah terpisah, aduk butter dan gula hingga lembut, berubah warna dan fluffy (saya males ngaduk, jadi pake mixer sekitar 3mnt-an). Masukkan telur dan vanilla, aduk rata. Ayak adonan tepung diatas wadah adonan butter+gula, aduk dan uleni hingga rata. Bulat2in sesuai selera, ditekan sedikit permukaannya dengan tangan (kalo nastar gak perlu ditekan, yg ini tekan dikit biar jadi bunder pipih.

Panggang sekitar 8-10 menit (di oven saya 12 menit), dinginkan dan siap dimakaaaan.



Buat penggemar green tea seperti saya, uwenaaaak tenan! nagih banget deh kukis ini. Ancaman buat timbangan saya :P Adek juga bolak-balik ngambil terus, hihihihi. Kuenya gak jadi kue lebaran deh. Udah keburu tinggal sisa2 aja. Tp seneng jadinya, krn artinya enaaaak. Bedanya dengan yang dibuat mba Dita, punya mba Dita pecah2 cuantiiik permukaannya. Apa mungkin krn saya kurangin baking soda dan baking powdernya ya? hmmmm, yg penting enak :D 

14 comments:

  1. Replies
    1. Makasih yaaaa *salim*
      Foto2 para blogger senior seperti mba Citra ini yang jadi inspirasiku lho :)

      Delete
  2. Nice answer back in return of this question with firm arguments
    and explaining everything concerning that.

    Here is my web page ... music marketing king

    ReplyDelete
  3. It is not my first time to visit this site, i
    am visiting this web site dailly and get good facts from here everyday.


    Also visit my blog post; candy crush cheat December

    ReplyDelete
  4. Mba.. bs kasi resepnya dlm bentuk gram? Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba, bisa dibuka www.joyofbaking.com ya untuk konversi ukuran dari cup ke gram :)

      Delete
  5. Hi kak, thankss da sharing resepnya :D
    Saya da coba lohhh resepnyaa, suksesss pdhal first timer buat cookie kaya ginii ( trus sya coba kasih topping sesame, dark choco , almond jga enak :D )
    Cuman matcha yg saya pakai warnanya agak pucet, ngga sebagus ini :(
    Mu tanya biasa beli d mana yah ?? Cos sya rencana mu buat lagi untuk imlek :D

    Thanksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Liu Desy, iya saya kadang juga pake topping almond. Enaaak! saya beli di toko bahan kue untuk matcha bubuknya. Sayangnya gak bisa kasih tau merk nih, soalnya di tbk udah dibungkus kemasan kecil2 gitu....

      Delete
    2. Biasa belinya di mana kak??


      Thanksss

      Delete
    3. saya beli di toko bahan kue deket rumah :)

      Delete
  6. Hi mba,
    untuk resep diatas, jadinya berapa gram ya kira2?

    ReplyDelete
  7. Mbak makasi resepnyaaa. I did it.. yeayyy...

    ReplyDelete
  8. Mbak itu gulanya gula pasir atau gula salju ya??

    ReplyDelete
  9. gula pasir / gula halus ya? butter beda ya dengan mentega?

    ReplyDelete