Wednesday, November 2, 2016

Japanese Sweet Bread Baking Class di Bungasari Innovation Center

Suguhan untuk kami saat baru sampai



Selamat malam semuanyaaaaa!

Buat para pembaca setia blog ini (iiih ge-er banget kayak ada pembaca yg setia aja), mungkin udah tau kalo saya pernah ikutan Baking Class dari Bungasari. Belom lama-lama amat sih, sekitar bulan April lalu. Nah karena pengalaman pertama yang seruuu dan berkesan banget, ketika ada kali kedua *sambil nyanyik kayak mba Raisa*, saya langsung daftar dong, gak pake nanya dulu bakal baking apaan bahkan, hihihihi. Belakangan baru nanya, daaaaaan ternyata kali ini giliran bikin Japanese Sweet Bread, bahagia bangetttt sayaaaa. Secara di rumah, anak-anak hobi banget sama roti, dan saya suka aja nyoba-nyoba resep roti. Walaupun sampe sekarang bentuk roti saya gak bisa secakep bikinan bakeri sih *hiks,sedih*, tapi tetep seneng, apalagi liat anak-anak makan roti lahap banget padahal kadang gak pake isi, muahahahaha mamanya pelit, roti cuman ditabur gula pasir doang. Tapi lucunya roti topping gula pasir itu malah jadi favorit anak2, mungkin efek cekres2 tiap dikunyahnya yang bikin mereka suka ya, pluuus faktanya saya ngejaga banget asupan gula mereka. Duh kalo kebanyakan gula, coklat dkk, mereka makin aktif cyyynn, pusing deh emaknya.

Btw, kalo mau tau tentang Bungasari, cek aja yah postingan saya sebelumnya yang ini.

lagi membedakan tekstur kabuki gold dengan produk lain


Walaupun tergolong pemain baru di dunia pertepungan, jangan salah lho, kiprahnya Bungasari ini gak main-main, banyak brand besar yang saat ini menjadi klien Bungasari. Contohnya nih : Wings Food, Tamoya Udon, Garuda Food, Charoen Phokphand, Dunkin Donuts, Kobe, Orang Tua, Nissin, Oreo, Richeese, Dapur Cokelat, 7 eleven, dan masih banyaaak lagi. Pabrik mereka di daerah Cigading juga amat modern dan berteknologi canggih. 

Supaya gak kepanjangan intro, yuuuk kita liat kegiatan kita kemarin pas baking class. Sebelumnya, kami belajar dulu teori tentang tepung. Well kalo buat yang sudah biasa baking sih pastinya udah familiar banget lah ya, sama tepung protein rendah sedang dan tinggi. Kira-kira udah tau bedanya belum? Saya jelasin dikit ya, tepung protein rendah ini cocok untuk membuat cake yang lembut dan ringan, kalo tepung protein sedang itu banyak dipakai untuk kebutuhan sehari-hari kayak pancake, martabak, dorayaki, dll. Nah sementara tepung protein tinggi itu paling cucok dan okeh untuk nge-roti, mie, pizza dan makanan2 yang perlu diulen. Selain itu ada tips penyimpanan tepung, cara membedakan tepung yang masih layak pakai dan lain-lain. Saya gak mau tulis semua, nanti kamu pada gak mau ikutan baking class-nya dong *ngeles*.

Jadi di Bungasari Innovation Center ini, kalo kita ambil kelas udah dapet komplit modulnya,kita juga diajari teori yang berhubungan dengan materi. Teorinya amat komplit tapi mudah dipahami bahkan oleh yang masih awam sekalipun. Selain itu alat-alatnya juga canggih dan para chef amat sangat handful dan ramah. 







Lalu balik lagi ke roti, jadi sebenernya apa sih bedanya Japanese Sweet Bread dengan roti2 lain? Kalo setau saya nih, roti Jepang itu halus, lembuuut dan empyuuuuk yang pillowy. Roti Jepang kebanyakan menggunakan metode Sponge and Dough. Dimana adonan sponge harus disiapkan minimal 3 jam sebelum pembuatan. Is it worth the wait? Worth banget!! Favorit saya adalah Pullman bread, itu enakk dan lembuuuut, kemarin sengaja saya sisain dua iris gak dimakan sampe hari ketiga, masih oke looh. Agak mengeras sedikit, tetapi ketika saya panasi sebentar di microwave, udah balik empyuuuk lagi. Puas banget sama Pullman bread ini.

Nah makanya saya jadi pengen banget nge re-make si Pullman bread, apa daya kurang sukses adonan sponge saya, sebenernya bukan kurang sukses sih, tapi waktu saya terbatas banget untuk mengerjakannya, jadi saya putuskan bikin roti manis dengan metode straight dough aja. 

Ohiya, saat ini Bungasari mengeluarkan produk terbaru mereka, yaitu terigu Kabuki Gold. Selain teksturnya yang super halus, warnanya yg putihhh, terigu ini banyak keunggulannya. Roti menjadi superrrr haluss dan lembut! Sepertinya selain dari bahan baku berkualitas,hal ini berpengaruh besar terhadap roti yang kita buat



















ini foto Pullman bread setelah dipanggang :











Gak tahan banget kan liat roti menul2 kayak begini? apalagi setelah dipotong duuuh lembuttt teksturnya, harumnya memenuhi ruangan pula.

Kami pulang membawa berkilo-kilo tepung dan juga sekotak besar roti. Karena penasaran apakah kalo buat di rumah rasanya tetep enak, saya buat juga. Hanya bikin setengah resep dari Straight Dough Method jadinya banyaakkk, saya kasih bermacam topping supaya anak-anak hepi. Ada blueberry jam, roti sisir gula pasir, choco almond dan keju. Rotinya empuuuk dan teksturnya ok banget halusss. Nanti resepnya akan saya tuliskan di postingan yang terpisah ya. 






Buat teman-teman yang lagi cari tempat kursus baking, silahkan dikontak aja ya :

Bungasari Innovation Center:
Jl. Taman Pakubuwono VI No.11
Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Website: www.bungasari.com
Email: info@bungasari.com
Facebook: Dapur Inovasi Bungasari
Instagram: Dapur Inovasi Bungasari        

1 comment: